Kesalahan umum diver pemulaOctober 3, 2016October 3, 2016Claudia Serpieri
diving untuk pemula

diving untuk pemula

Sebagai seorang diver (penyelam) pemula, tentu saja ada kesenangan dan kebanggan tersendiri dalam mencoba sesuatu yang baru. Seringkali hal ini membuat para diver berbuat kesalahan yang seharusnya tidak dilakukan.

– Terburu-buru

Jangan terlalu memaksakan diri ketika pertama kali menyelam. Luangkan waktu lebih untuk mengecek ulang peralatan diving yang akan digunakan seperti yang telah diajarkan instruktur. Ingat aturan ‘buddy check’ agar anda bisa saling mengingatkan satu sama lain.

Ketika masuk ke dalam air, turunlah secara perlahan dan berhentilah sejenak setiap beberapa meter untuk adaptasi tubuh.

Diver yang berpengalaman biasanya sangat rileks karena mereka sudah memahami, melakukan sesuatu diluar kemampuan tubuh bisa saja membahayakan.

– Pilihlah peralatan diving yang bagus

Peralatan diving yang anda gunakan merupakan investasi jangka panjang jika anda nantinya rutin diving, peralatan diving yang bagus tentunya mempunya tingkat keamanan yang lebih baik dibandingkan dengan yang murahan.

Asalkan selalu dirawat dengan benar, perlengkapan diving umumnya akan awet bertahun-tahun. Tanyakan kepada ahlinya, peralatan apa saja yang dibutuhkan untuk diver seperti anda karena beda karakteristik maka alat-alat yang diperlukan juga akan berbeda.

– Jangan ragu untuk bertanya

Adalah hal yang lumrah jika seorang pemula mempunyai banyak pertanyaan seputar diving, bahkan diver berpengalaman pun terkadang masih mempunyai pertanyaan yang membingungkannya.

– Jangan terlalu melakukan banyak hal di bawah air

Ketika tiba saatnya anda menyelam, usahakan jangan melakukan banyak aktivitas karena anda masih dalam tahap penyesuaian dan perlu memperhatikan lingkungan sekitar seperti daya apung, kapasitas tabung oksigen maupun posisi anda terhadap rekan menyelam, karang dll.

Cobalah menyelam beberapa kali dahulu sebelum melakukan aktivitas seperti mengambil foto/video di bawah air karena anda akan cepat lelah.

– Terlalu lama vakum menyelam

Kesalahan terbesar seorang diver adalah terlalu lama vakum setelah sukses mendapatkan sertifikat menyelam, anda akan kehilangan sentuhan diving.

Jika memungkinkan, rencanakanlah aktivitas diving anda segera setelah sukses mendapatkan sertifikat diving, anda bisa juga bergabung dengan klub diving lokal di tempat anda tinggal. Yang terakhir, usahakanlah diving minimal beberapa kali dalam setahun.